Berita

lafadz takbiran latin lengkap

Lafadz Takbiran Latin LengkapSource: bing.com

Hello Sobat NewsClub!

Hello Sobat Newsclub!Source: bing.com
Kita semua tahu bahwa takbiran adalah salah satu rangkaian dari perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Takbiran bisa diartikan sebagai pengucapan kalimat “Allahu Akbar” yang artinya Allah Maha Besar. Biasanya takbiran dilakukan bersama-sama oleh umat muslim di masjid atau lapangan terbuka pada malam hari menjelang hari raya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang lafadz takbiran latin lengkap. Yuk, simak artikel berikut ini!

Takbiran pertama adalah takbiratul ihram yang dilakukan saat memulai shalat. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiratul ihram adalah:

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Ashhadu an la ilaha illa Allah, Ashhadu anna Muhammadan Rasulullah. Hayya ‘alas sholah, hayya ‘alal falah. Allah Akbar, Allahu Akbar. La ilaha illa Allah.”

Takbiran kedua adalah takbiran saat melaksanakan shalat ketika berdiri tegak. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran kedua adalah:

“Allahu Akbar.”

Takbiran ketiga adalah takbiran saat ruku. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran ketiga adalah:

“Subhana Rabbiyal Azhim.”

Takbiran keempat adalah takbiran saat bangkit dari ruku. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran keempat adalah:

“Sami’allahu liman hamidah.”

Takbiran kelima adalah takbiran saat sujud. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran kelima adalah:

“Subhana Rabbiyal A’la.”

Takbiran keenam adalah takbiran saat duduk di antara dua sujud. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran keenam adalah:

“Allahu Akbar.”

Takbiran ketujuh adalah takbiran saat sujud kedua. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran ketujuh adalah:

“Subhana Rabbiyal A’la.”

Takbiran kedelapan adalah takbiran saat bangkit dari sujud kedua. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran kedelapan adalah:

“Allahu Akbar.”

Takbiran kesembilan adalah takbiran saat duduk tasyahud akhir. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran kesembilan adalah:

“Atthayyatu lillahi was shalawatu wattayyibatu. As salaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuhu. As salaamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahish shalihin. Ashhadu an la ilaha illa Allah wa ashhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.”

Takbiran kesepuluh adalah takbiran saat salam. Lafadz takbiran latin lengkap dari takbiran kesepuluh adalah:

“Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah.”

Sejarah Singkat Lafadz Takbiran Latin Lengkap

Sejarah Singkat Lafadz Takbiran Latin LengkapSource: bing.com

Lafadz takbiran latin lengkap merupakan terjemahan dari bahasa Arab ke bahasa Latin. Penerjemahan ini dilakukan untuk memudahkan umat muslim yang tidak bisa membaca huruf Arab. Takbiran sendiri sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Namun, takbiran dengan lafadz latin baru dikenal pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Pada masa itu, para ulama menciptakan lafadz takbiran latin lengkap agar umat muslim yang tidak bisa membaca huruf Arab tetap bisa ikut dalam rangkaian takbiran pada malam hari menjelang hari raya. Lafadz takbiran latin lengkap ini terus dipakai hingga sekarang.

Cara Mengucapkan Lafadz Takbiran Latin Lengkap dengan Benar

Cara Mengucapkan Lafadz Takbiran Latin Lengkap Dengan BenarSource: bing.com

Agar takbiran yang kita ucapkan sah, maka kita harus mengucapkannya dengan benar. Berikut ini cara mengucapkan lafadz takbiran latin lengkap dengan benar:

1. Takbiratul ihram dilakukan saat memulai shalat. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan penuh khusyuk dan khidmat.

2. Takbiran kedua, ketiga, keempat, dan keenam dilakukan saat berdiri tegak, ruku, bangkit dari ruku, dan duduk di antara dua sujud. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan tenang dan jelas agar tidak salah ucap.

3. Takbiran kelima dan ketujuh dilakukan saat sujud. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan suara pelan agar tidak mengganggu shalat orang lain.

4. Takbiran kedelapan dilakukan saat bangkit dari sujud kedua. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan tenang dan jelas agar tidak salah ucap.

5. Takbiran kesembilan dilakukan saat duduk tasyahud akhir. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan khidmat dan penuh perenungan.

6. Takbiran kesepuluh dilakukan saat salam. Ucapkanlah lafadz takbiran latin lengkap dengan suara pelan dan jelas agar tidak mengganggu jamaah lain.

Kesimpulan

KesimpulanSource: bing.com

Sekian artikel tentang lafadz takbiran latin lengkap. Lafadz takbiran ini sangat penting dalam shalat dan juga dalam rangkaian takbiran pada malam hari menjelang hari raya. Dengan mengetahui lafadz takbiran latin lengkap, kita bisa mengucapkannya dengan benar dan sah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Related video of Lafadz Takbiran Latin Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button