Berita

mad arid lissukun dibaca berapa harakat

Mad Arid Lissukun Dibaca Berapa Harakat?Source: bing.com

Kenali Mad Arid Lissukun

Kenali Mad Arid LissukunSource: bing.com
Hello Sobat NewsClub, apakah kamu pernah mendengar tentang Mad Arid Lissukun? Bagi yang sudah mempelajari ilmu tajwid pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Mad Arid Lissukun adalah salah satu hukum tajwid yang seringkali menjadi momok bagi para pembaca Al-Quran, terutama bagi pemula. Mad Arid Lissukun sendiri merupakan penggabungan antara huruf mad (panjang) dan huruf sukun (diam). Mad adalah huruf yang dibaca dengan panjang, sedangkan sukun adalah huruf yang dibaca dengan diam atau tanpa diiringi suara vokal. Lalu, berapa harakat sebenarnya yang harus dibaca pada Mad Arid Lissukun?

Mad Arid Lissukun Dibaca Dengan Satu Harakat

Mad Arid Lissukun Dibaca Dengan Satu HarakatSource: bing.com
Pada Mad Arid Lissukun, sebenarnya hanya dibaca satu harakat saja. Harakat yang dibaca adalah harakat panjang (mad) pada huruf sebelumnya. Contohnya, pada ayat Al-Quran Surah Al-Fatihah ayat 2, terdapat kata “al-ladzina”, huruf “la” pada kata tersebut merupakan Mad Arid Lissukun dan hanya dibaca dengan satu harakat panjang. Meskipun hanya dibaca dengan satu harakat, namun pembaca harus tetap memperhatikan ketentuan dari Mad Arid Lissukun. Jika tidak memperhatikan hukum ini, maka bacaan akan menjadi salah dan tidak sah sesuai dengan kaidah tajwid.

Contoh Mad Arid Lissukun

Contoh Mad Arid LissukunSource: bing.com
Berikut ini adalah beberapa contoh kata yang menggunakan Mad Arid Lissukun:1. اللَّذِينَ (al-ladzina)2. الْمَالِكِ (al-maliki)3. الصِّرَاطَ (ash-shiraata)4. الْمُسْتَقِيمِ (al-mustaqiimi)5. الْحَمْدُ (al-hamd)Dalam contoh-contoh di atas, huruf yang menggunakan Mad Arid Lissukun hanya dibaca dengan satu harakat panjang saja.

Kenapa Mad Arid Lissukun Penting?

Kenapa Mad Arid Lissukun Penting?Source: bing.com
Mad Arid Lissukun sangat penting dalam ilmu tajwid karena dapat mempengaruhi makna dari bacaan Al-Quran. Jika pembaca salah membaca Mad Arid Lissukun, maka makna dari ayat tersebut juga akan berubah. Oleh karena itu, pemahaman tentang Mad Arid Lissukun perlu dipelajari dengan baik dan benar.Selain itu, Mad Arid Lissukun juga penting dalam membantu pembaca Al-Quran agar dapat memperindah bacaan dan mengikuti kaidah tajwid yang benar. Dengan memperhatikan Mad Arid Lissukun, bacaan Al-Quran akan terdengar lebih lantang dan jelas.

Latihan Mad Arid Lissukun

Latihan Mad Arid LissukunSource: bing.com
Untuk dapat menguasai Mad Arid Lissukun, perlu dilakukan latihan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa contoh latihan Mad Arid Lissukun:1. Bacalah ayat-ayat Al-Quran yang mengandung Mad Arid Lissukun dengan benar dan tepat sesuai dengan kaidah tajwid.2. Dengarkan bacaan Al-Quran dari qari yang terkenal dan perhatikan cara membacanya, terutama dalam hal Mad Arid Lissukun.3. Gunakan aplikasi Al-Quran yang dilengkapi dengan fitur tajwid untuk membantu memperdalam pemahaman tentang Mad Arid Lissukun.

Kesimpulan

KesimpulanSource: bing.com
Mad Arid Lissukun merupakan salah satu hukum tajwid yang sering menjadi momok bagi para pembaca Al-Quran. Dalam Mad Arid Lissukun, hanya dibaca satu harakat panjang pada huruf sebelumnya. Mad Arid Lissukun penting untuk dipelajari dengan baik dan benar karena dapat mempengaruhi makna dari bacaan Al-Quran. Oleh karena itu, perlu dilakukan latihan secara rutin untuk menguasai Mad Arid Lissukun dengan baik.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat NewsClub!

Related video of Mad Arid Lissukun Dibaca Berapa Harakat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button